Aktualisasi potensi akan berkembang ketika kita sudah berhasil meraih potensi hidayah agama Allah

By Dana Anwari. Potensi adalah suatu daya, kekuatan, kemampuan, kesanggupan, dan kekuasaan yang mempunyai kemungkinan untuk dapat dikembangkan untuk menjadi aktual.

Kita kenali beberapa potensi hidayah Allah yang ada di diri manusia dan berguna bagi fitrah kemanusiaannya.

Pertama, naluri, yakni suatu petunjuk yang telah ada dalam diri kita sejak mula kita lahir sebagai manusia. Bukan manusia yang menghadirkan adanya naluri di diri kita, tetapi Allah, Sang Maha Pencipta Tiada Tara.

Kedua, pancaindra, yang berguna untuk melakukan kontak dengan dunia di luar diri kita yang tidak bisa dilakukan hanya oleh naluri.

Ketiga, akal, yakni alat untuk berpikir. Namun kemampuan akal ada batasnya untuk menjangkau hal-hal yang bersifat gaib.

Keempat, hati, karena disinilah tempat Tuhan menghadirkan dirinya kepada kita.

Kelima, potensi hidayah yang tertinggi adalah agama. Agama berfungsi untuk memberikan jawaban atas segala persoalan yang tidak bisa dijawab oleh akal, sekaligus membimbing akal kepada keberadaan yang lebih tinggi.

Bisa saja kita sudah meraih hidayah agama Allah yang sempurna: Islam-- tetapi orang tua kita masih belum memperolehnya. Bukankah Nabi Ibrahim pernah mengalaminya?

Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu sembah,tetapi (aku menyembah) Tuhan Yang menjadikanku; karena sesungguhnya Dia akan memberi hidayah kepadaku". Dan (Ibrahim) menjadikan kalimat tauhid itu kalimat yang kekal pada keturunannya supaya mereka kembali kepada kalimat tauhid itu. (QS Az Zukhruf:26-28)

Allah menghendaki manusia yang diciptakannya untuk mengisi hidup dan melewati kehidupannya dengan potensi yang ada di dirinya. Mari kita gunakan potensi naluri kita. Mari kita asah dan rawat potensi panca indra kita. Mari kita tingkatkan terus kemampuan potensi akal kita. Mari kita bersihkan hati kita. Mari kita pelajari potensi agama yang telah Allah hadirkan di dunia ini bagi kesuksesan hidup kita di dunia dan akhirat.

Jika Allah membantu manusia menyelesaikan semua problema hidup duniawi --tanpa melibatkan manusianya-- maka kita akan menjadi malas dan manja. Tetapi, bila diri kita terlibat aktif mengatasi problema hidup dan kehidupan kita, maka segala potensi yang sudah dianaugerahkan Allah akan berkembang maksimal sebagaimana mau-Nya Allah kepada kita.
Dan potensi yang paling utama adalah hidayah agama Islam, yang mampu memaksimalkan dan mengaktulisasikan potensi kita yang lainnya.
suksespotensidiri.blogspot.com
*

No comments:

SUCCESS LINK

  • get your own embeddable forum with Talki
  • Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mer...
  • By Dana Anwari. Orang beruntung adalah orang yang dipersatukan hatinya oleh Allah dalam nikmat persaudaraan Islam: saling mengajak melakukan perbuatan yang...
  • By Dana Anwari. Allah Maha Mengetahui apa yang tersembunyi di dalam hati hamba-Nya. Setiap keinginan kita untuk berubah menjadi orang yang lebih baik dalam...